Jumat, 02 Oktober 2015

Cara Budidaya Ikan Arwana Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Arwana "Ikan Naga dari Indonesia"- Ikan Hias langka yang berasal dari Kalimantan dan irian ini merupakan salah satu jenis ikan Termahal yang ada di Indonesia yang bahkan terkenal di Dunia hingga sekarang di tahun 2015. Oleh karena tidak jarang orang yang mulai berbisnis dari Arwana dengan cara Budidaya Arwana atau menangkarkannya yang katanya sangat sulit untuk dikembang biakan. Kali ini terlambat.info hadir memberikan tips cara membudidayakan ikan arwana seperti bagaimana makanan dan tempat penangkaran yang baik dan tepat.

Pada awalnya ikan arwana dikenal sangat sulit untuk berkembang biak diluar habitat aslinya, namun pada perkembangannya ikan ini dapat berkembang biak pada tambak ataupun kolam-kolam buatan dengan air yang telah diatur keasaman ataupun suhunya. Hal ini memungkinkan penangkaran dapat dilakukan jauh dari habitat asli ikan ini.

Cara Budidaya Ikan Arwana Untuk Pemula
Cara Budidaya Ikan Arwana Untuk Pemula
Ikan Arwana pada tempat penangkaran dapat bertelur sebanyak kurang lebih 100 - 150 butir. Telur-telur Ikan arwana ini disimpan dalam mulut Arwana jantan. Ketika masih kecil telur Arwana berbentuk bulatan merah dengan jentik kecil seperti berudu menempel pada bulatan tersebut. Setelah beberapa minggu berudu tersebut membesar dan bulatan merah yang berfungsi sebagai makanan makin mengecil dan akhirnya menghilang.

Ikan hasil tangkaran tersebut setelah ukurannya mencukupi dipasangi dengan Microchip sebagai tanda pengenal dan identitas arwana tersebut. Perusahaan penangkar lalu mengeluarkan sertifikat yang mana mencantumkan nomer dari ID Microchip yang terpasang pada ikan tersebut sebagai legalitas dari ikan untuk para pemiliknya.

Cara Budidaya Ikan Arwana Lengkap
Sebelumnya inilah info jenis-jenis dari Arwana. Ada berbagai jenis ikan arwana, seperti arwana Silver, Gold, Super Red yang biasa menghiasi akuarium orang-orang kaya di Indonesia. Namun yang mempunyai harga jual tertinggi ataupun paling diminati oleh penggemar ikan naga ini adalah jenis Super Red. Jenis ini dipercaya membawa keberuntungan (hokie) bagi pemiliknya dan pembawa kekayaan sekaligus dapat menaikkan status sosial sang pemilik terutama jika memiliki Arwana dengan spesifikasi khusus yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

1. Ikan Arwana Super Red
Indonesia adalah satu dari negara yang mempunyai jenis-jenis ikan arwana yang mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi. salah satunya adalah ikan arwana super red yang melimpah ditemukan di  perairan pulau Kalimantan khususnya di Kalimantan Barat. Ikan arwana super red mempunyai beberapa jenis diantaranya ikan arwana merah darah (blood red fish), ikan arwana merah cabai (chili red fish), ikan arwana merah oranye (orange red fish) dan ikan arwana purple red. Secara umum ikan arwana super red mempunyai warna merah pada ekor, sirip, dayung juga sungut bahkan ketika masih kecil. Warna merah pada badannya nampak ketika ikan arwana berumur sekitar 3 – 4 tahun. Ikan Arwana Super Red

2. Ikan Golden Arwana
ikan Golden Arwana ini banyak ditemukan di sekitar perairan Sumatera yaitu di provinsi Riau. Ikan arwana jenis ini jika didasarkan pada warna dasarnya mempunyai 3 warna dasar yaitu dari blue base colour, green base colour dan gold base colour. Kebanyakan para hobiis menganggap ikan golden arwana ini mempunyai kekurangan yaitu warna sisik pada umumnya tidak dapat melewati punggungnya dan cuma sampai pada tingkatan sisik keempat (dihitung mulai dari bawah badan ke atas).

3. Ikan Jardini Arwana
Ikan arwana ini mempunyai warna dasar yaitu hitam kecoklatan dengan bintik-bintik warna kuning keemasan di bagian tengah sisik-sisiknya, juga di bagian kepala sampai sirip serta ekor juga dijumpai bintik-bintik tersebut. Ikan Jardini Arwana  ditemukan di Irian sehingga sering disebut ikan arwana irian. Ikan Jardini Arwana terbagi 2 macam,ikan dengan warna dasar gelap yaitu scleropqges jardini dan warna dasar terang yaitu scleropqges leichharti.

Teknik Cara Budidaya Arwana

Ikan Arwana umumnya dibudidayakan di akuarium atau kolam. Kualitas media air yang terjaga dengan baik adalah harga mati dalam budidaya ikan arwana ini. PH atau tingkat keasaman air untuk budidaya ikan arwana sesungguhnya mempunyai kisaran yang lebar namun disarankan untuk memudahkan budidayanya PH air disamakan dengan PH air pada habitat aslinya yaitu kisaran PH 6,8 – 7,5 dengan kisaran suhu 27 – 29 C. Penggantian media air untuk tetap terjaganya kualitas air, diganti 30 – 34 % dari total volume dengan air bebas klorin. Pemberian makanan ikan arwana harus lah bervariasi dengan tetap mengandung kadar protein tinggi. Jenis pakan untuk induk  ikan arwana dapat berupa ikan/udang rucah plus pellet dengan kandungan protein 32 %. Makanan ikan arwana ini diberikan setiap hari dengan patokan maksimal 2% dari berat total tubuhnya.

Budidaya Ikan Arwana Asli Kalimantan Barat

Kubu Raya, Kalbar memiliki panorama menarik. Salah satunya beragam tempat penangkaran Ikan Arwana. Kecamatan Sungai Raya dan Sungai Ambawang adalah lokasi pilihan para penanam modal.

Budidaya Ikan Arwana

Tempat-tempat penangkaran Arwana (scleropages formosus) bertebaran letaknya. Di Kecamatan Sungai Raya beberapa pengusaha menangkarnya secara modern. Mereka membuat kolam, memelihara dalam jumlah besar sejak kecil hingga besar. Lalu memasarkannya ke luar Indonesia. Sayang, tempat-tempat seperti begini tidak bisa dikunjungi sebagai areal wisata.

“Kedepan pemerintah harus membujuk para penangkar arwana supaya menjadikan tempatnya sebagai salah satu tempat kunjungan wisatawan,” kata Abdullah, warga Jakarta yang tertarik dengan arwana Kalbar dan Kubu Raya ini.

Banyaknya tempat-tempat penangkaran menjadikan Kubu Raya sebagai tempat penghasil ikan naga terbesar. Sayang, pemerintah belum mampu mengkoordinir pengelolanya untuk dijadikan tempat wisata menarik. Kalau kedepan mampu dikelola, maka kabupaten termuda di Kalbar ini akan lebih dikenal dengan sebutan tempat wisata Ikan Arwana.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Budidaya Ikan Arwana Untuk Pemula

0 komentar:

Posting Komentar